Thursday, March 16, 2017

Naskah Drama



NASKAH DRAMA BASAHA INDONESIA
KABAYAN MENCARI CINTA
karangan : Tendi Irawan

Disebuah Desa di dekat lereng  gunung  terdapat sebuah keluarga yang hidup sederhana,keluarga tersebut terdiri atas Abah,Ambu,Kabayan,dan adik kabayan.Kabayan anak yang cerdas,tetapi kabayan sangat ketinggalan zaman karena hidup di dekat lereng gunung,jauh dari aktivitas perkotaan yang sangat modern. Sebagai seorang pria yang sudah mapan Kabayan sangat ingin memiliki cinta sejati seperti halnya para pemuda yang lain,dan kabayan memutuskan untuk menemukan cinta sejatinya....
Di ruang tamu sedang terjadi perbincangan antara Abah,Kabayan,Asih,dan Ambu

Kabayan : “Masak-masak sendiri,makan-makan sendiri,cuci baju sendiri tidur pun                    sendiri.Aduh gusti kenapa ya saya ini belum mempunyai kekasih pujaan hati?”
Abah       : “Eleh-eleh kamu teh kenapa kabayan,melamun sendirian,sambil nyayi nyayi?”
Kabayan : “Ini atuh bah kenapa anakmu ini yang gantengnya kaya artis korea yang                              namanya.......lee..lee  Min leho ya bah?”
Abah       : “Alah...bukan Min leho atuh...ahhh  te apal atuh Abah  juga lupalagi.”
Kabayan : “ahhh  si Abah mah kirain teh tau ...”
Asih         : “Eleh- eleh...... Abah sama Kang Kabayan teh lagi ngomongi apa ini teh?”
Abah       : “Ini nihh   kaka kamu ..katanya kaka kamu ini mirip artis korea yang                                    namanya...Min leho
Asih         : “Na ariii  si Abah bukan min leho, tapi  Lee Min Ho,lagian apanya coba badan                   akang yang  mirip sama Lee Min Ho?”
Kabayan : “Ihhhhh.....si Asih mah akang itu udah ganteng dari lahir semua badan akang                     mirip kaya Min Lee Ho.....ehhh Lee Min Ho.”
Asih        : ”elehhh  si akang teh meni percaya diri pisan nya!”
Kabayan : “ Ya iya atuh...hidup itu harus percaya diri!”
Asih         : “Ya udalah gimana akang aja,yang jelas akang mah engga mirip sama Lee Min                         Ho”(Asih keluar dari ruang tamu)
(Ambu menghampiri kabayan dan Abah)
Ambu     : “Abah,Kabayan kalian teh lagi apa disini?Ehhh  itu kenapa anak kesayangan,anak               termanja,anak ter ...apalah apalah Ambu kok mukanya sedih?
Kabayan : “Ammmbuuu....kabayan kan udah dewasa kenapa atuh kabayan teh bulum punya               kekasih?kabayan juga ingin atuh punya kekasih kaya temen-temen kabayan!”
Ambu     : “Eleh...kabyan anak Ambu yang ganteng, Ambu kan sudah jodohkan kabayan                                sama Neng Fifit anaknya pak H.Sobur.”
Kabayan : “Kumaha ambu......? Apa ambu?gimana ini teh ambu? ari ambu eling engga sih?                  massa anak mu ini yang ganteng nya luar biasa harus dijodohkan sama neng  Fifit                     anak nya pak H.Sobur,yang kampungan manja  itu?”
Ambu     : “Elehhhh kasep engga boleh gitu atuh sama neng Fifit,neng Fifit itu                                      cantik,Solehah,baik,cocok buat calon istri kamu!”
Kabayan : “Ahh ambu pokona mah kabayan engga mau dijodohkan sama neng                                    Fifit?titik,engga pake koma,engga pake spasi,engga ada titik dua.”
Ambu     : “Ya sudahlah...ambu juga belum tahu kalau neng Fifit mau engga dijodohkan sama           kamu soalnya ambu baru bicara sama pak H.Sobur nya saja.”
Kabayan : “Ya allah.....semoga neng Fifit engga mau.!”

Keesokan harinya H.Sobur dan Neng Fifit datang ke rumah keluarga Kabayan.(tok-tok-tok)
H.Sobur  : “Assalamualaikum”
Abah       : “Waalaikum salam...eleh-eleh pak haji,aya naon,ada perlu apa atuh dongkap                       kerumah saya pagi pagi sekali?”
H.Sobur : “ehh kang kan kita teh mau ngejodoin anak kita,akang si kabayan bapak si neng                  Fifit.”Kebetulan neng fifit mau dijodohin sama kabayan!”
Abah      : “Eleh teuing atuh,da saya mah tidak tau menau soal ini,tapi saya sebagai Abah                   kabayan coba mau tanya dulu ke si ambu!”
Abah      : “Ambu.......Ambu...........Ambu.......”
Ambu     : “Iyah Abah,ada apa,aya naon?panggil Ambu?”
Abah      : “Eh Ambu Kadieu sebentar! Ambu ngajodohkeun  kabayan sama neng Fifit                        bukan?Na emangnya si Kabayan mau di jodohkan?”
Ambu    : “Iyah Abah,Ambu teh tos bicara kamari ka pak H.Sobur,anak kita teh mau                         dijodohkan sama anaknya.”
Abah     : “Ahhhhhhh....sok sok disuruh ke dalem dulu atuh!”
Ambu    : “Ehhhh neng geulis.....sok atuh silahkan kita masuk dulu ke dalam!”
N. Fifit   : “Iyah Ambu, Bapak hayu kita masuk ke dalam”
Abah     : “Ehh neng geulis.....Kumaha atuh Kabarnya?Kenapa atuh neng teh mau dijodohkan          sama kabayan anak bapa?”
N.Fifit   : “Iyah amin Abah, janteun Begini, I teh sudah mendengar about kang kabayan                     mau dijodohkan sama I, ya I teh mau-mau saja,Because kang kabayanan teh                   baik,soleh,sereung ganteng...merenan.”
Abah    : “Ohhh,,,,seperti itu......?Tapi punteun,mohon maaf,kita tanya dulu kabayan mau                 atau tidak?”
karena kabayan sudah mengetahui bahwa kabayan akan dijodohkan,dan neng Fifit dan bapaknya akan datang kerumahnya,kabayan sudah kabur sejak semalam bersama dengan Omen yang senasib dengan kabayan yaitu akan dijodohkan.
Ambu   : “kabayan......sayang.......nak kamu dimana......?  nak ada tamu ini pak haji Sobur     dan neng Fifit, Nak....”(Ambu kebingunan karena kabayan tidak ada di                                   rumah,ketika iya mengecek ke kamar kabayan,di atas kasur ada sebuah kertas)
Ambu  : “Abahh.....Aduhhhh Gusti..... Abbbaaahhhhh....ieu...ieu...ieu... apa?Anak kita bah              ....anak kita ...KABUR.....eleh kabayan kamu teh kamana.?Knpa mencari Cinta mesti      harus ke kota?”
Abah,Pak haji,Neng Fifit, kaget setelah mendengar bahwa kabayan telah kabur ke Kota untuk mencari cinta.Kabayan dan Omen pun telah sampai di kota.
Omen     : “Eh kabayan kita teh sudah sampai di kota?”
Kabayan : “Ya sudah atuh tuh liat kita teh sudah sampai ke kota,dan dikota itu kan banyak                gedung tinggi,nah ini di sekeliling kita sudah banayak gedung tinggi”
Omen     : “Ohhh iyah atuh,Allamdulillah kita sudah sampai di kota mah,sekarang kita teh                   mau kemana atuh?”
Kabayan : “Kamana atuh,saya juga ga punya tujuan.Sudahlah sekarang mah kita jalan jalan                 saja ,sugan ada perempuan cantik, nanti kita godain.”
Omen     : “Iyah atuh hayu,kalo urusan cewe mah saya juaranya.”
(Disebuah moll yang besar,mereka bertemu dengan trio Manja, mereka adalah,Inces manja,Princes manja,dan Nyai manja)
Kabayan : “Omen,sekarang teh kita dimana?”
Omen     : “ya kita teh ada di moll atuh!.kamu tau gak moll itu apa?
Kabayan : “engga tau.Tapi ini teh tempat berjualan bukan?”
Omen      : “Iyah atuh,di moll mah klo kita mau beli aaaapppaaaa... aja yang kita mau,disini                  mah serba ada”
Kabayan : “Ouhhhh....tapi gening mana yang jualannya,disini mah ada barang nya aja,orang               yang jualannya mana?”
Omen     : “Ihhhh di moll mah atuh kita cari barangnya dulu baru kita bawa barangnya ke                     kasier disana kita bisa langsung bayar.”
Kabayan : “Maaf,hampura atuh! kan saya mah engga tau,da saya mah biasanya juga belanja                 nya ke...pasar subuh atuh.”
(setelah kabayan dan omen keliling keliling moll,saking besarnya moll tersebut kabayan dan omen tidak mengetahui jalan untuk keluar dari moll tersebut)
Inces       : “hey...guys sekarang kita mau beli apa ni?.Kalo gue sih mau beli baju yang                          banyak.”
Nyai       : “ehhh kamu mau beli baju....kalo aku mau beli bugis ada ga ya...?”
Princes   : “Ihhhhhh ari kamu....maenya di moll aya bugis...di moll mah ada juga makanan                  kota bukan bugis.!”
Nyai      : “Yang gimana makanan kota teh”
Inces     : “ihhhh kalian ini malu maluin gue aja ya...”
Princes  : “Ada apa atuh inces.? da saya juga pernah ke moll,tuh si nyai yang malu-maluin                 mah!”
(Disaat mereka sedang asik belanja datanglah Kabayan dan Omen  yang mau menanyakan jalan keluar dari moll tersebut)
Kabayan : “neng..neng...neng...”
Nyai        : “ehh Inces tuh liat siapa yang panggil kamu”
Inces       : “ihhh apaan sih....siapa juga yang namanya eneng?”
Kabayan : “ihhhh si eneng mah...kan kamu teh cewe ..pantes atuh di panggil eneng!”
Inces       : “Hiiihhhh ..saya juga punya nama.Nama saya Inces Tralala Jelebred  Manja !”
Nyai        : “ehhhh Princess emangnya namanya sepanjang itu?”
Princes   : “Gak tau saya juga,saya juga baru tau kalo nama si Inces sepanjang itu.”
Kabayan : “Ohh iyah atuh Non Inces kalo mau keluar lewat mana ya?”
Inces       : “hehh  kamu itu bisa baca ga sih.? Tuhh lihat  di sana kan ada tulisan! apa coba                   tulisannya?”
Kabayan : “e...e....e....e....men naon atuh tulisannya?”
Omen     : “ihhh itu teh bacaannya ekit.”
Inces       : “Ihhhhh...bukan ekit...tapi exit...kalian ini dari mana sih?
Omen     : “kami ini dari ...desa kami ini sama orang tua kami mau dijodohkan tapi kami teh                engga mau.Dan niat kami datang ke kota  ini adalah untuk mencari cinta sejati.”
Kabayan : “Ta..ta pi.... sekarang ini kami teh bingung mau tinggal dimana?”
Inces      : “Ya udahh..kalian tenang saja.Saya ini kebetulan dirumah hanya tinggal bersama                 pembantu saya,kedua orang tua saya sudah meninggal dunia 2 tahun lalu,jadi                   kalian ikut saja ke rumah saya.”
Kabayan : “Elehhh Alhamdulillah Men kita diajakin ke rumah Non Inces.”
Nyai       : “Ehhh Inces kamu waras ga sih? orang yang baru kenal langsung dibawa                              kerumah kamu, Cowok  lagi.”
Inces      : “Ihhh gapapa,saya cuman niat menolong orang-orang ini,lagian cowok ini ganteng-            ganteng.”
(Mereka pun saling berkenalan dan saling bercengkrama satu sama lain,kedekatan mereka pun sudah mulai tercipta.Dan mungkin cinta mulai tumbuh di hati mereka)
Inces     : “Nah,sekarang kita sudah sampai di rumah ku.Inilah rumah saya yang apa adanya!”
Surti      : “Ehh...Non kalian sudah pulang?”
Nyai      : “Ehhh bi surti..gimana kabarnya bi?”
Surti      : “Allhamdulillah baik neng,Eh Nyai cowok yang berdua itu siapa?”
Nyai      : “Ihh  saya juga ga tau bi..Tuh tuh si Inces nemuin mereka di moll!”
Surti      : “Non ..kamu ga salah bawa temen yang baru kenal?”
Inces   : “Ehh bi apa-apaan sih,Ini juga rumah saya gimana saya aja dong mau bawa siapa       aja ke rumah saya,lagian saya yakin mereka ini orang yang baik.”
Surti     : “Iyah siap non,mau minum apa non?”
Omen   : “ehhh kabayan kita mau tinggal dirumah gedong.”
Nyai     : “ehhh aku juga mau nginep di rumah kamu dong Ces?”
Inces    : “Iyah ayo masuk,ehh Princes kamu mau nginep juga?”
Princes : “Engga Ces saya mau pulang saja,takut orang tua saya marah.”
(Singkat cerita kabayan,Omen,Inces, dan Nyai sudah lebih jauh untuk saling mengenal.sampai suatu saat mereka merayakan doubble that bersama.)

Disebuah taman,yang sangat indah,mereka sedang duduk berdua-duaan,dan saling menggombali pasangannya.
Kabayan : “Neng..denger denger neng suka film korea ya?aku juga suka loh!”
Inces       : “Ohh yah...?kamu sukanya apa?
Kabayan : “Aku sukanya ...Taeyang Taeyang kamu...”
Inces      : “Ihhh akang  mah   Sosweet...”
Omen     : “Kamu tau ga apa perbedaan mata sama hati aku?”
Nyai       : “Engga tau,emangnya apa?”
Omen     : “klo mata aku, sering aku tutup supaya ga terkena sinar matahari,Tpi kalo hati aku                malah sering aku buka karna supaya bisa terkena hangatnya sinar cinta kamu.”
Nyai       : “ihhhhh  akang teh suka ka eneng?”

Dan disitulah mereka mulai menemukan cintanya.Dan mereka pun berniat untuk membawa Inces dan Nyai untuk ikut ke desa untuk dipertemukan dengan kedua orang tua mereka.
(kabayan dan omen beserta pasangannya pergi ke desa tempat tinggalnya)
Kabayan : “Abah.....Ambuuu...kabayan pulang,Kabayan sudah dapat jodoh ambu.!”
Ambu     : “Eleh..Syukur atuh kabayan,putra ambu sudah mempunyai jodoh mah.’
Dan pada akhirnya mereka menemui jodoh mereka masing-masing.Satu persatu mereka menikah dan menjalani hidup yang bahagia.

SELESAI.......









No comments:

Post a Comment